Laman

Minggu, 09 September 2012

Lampu Otomatis
Menyala ketika mendeteksi keberadaan orang.



memodifikasi lampu standar, dengan mengaplikasikan sensor infrared sebagai penyala lampu secara otomatis ketika sensor mendeteksi keberadaan manusia, agar tidak direpotkan lagi untuk menyalakan melalui saklar ,terutama pada kamar mandi.

Cara kerja :

- sensor IR transmiter bekerja sebagai pemancar sinar infrared ,dengan driver ic 555 sebagai pembangkit clock agar dapat di deteksi IR receiver.
- IR receiver ,IR 3 kaki ini banyak dijual ditoko elektronik, IR ini akan aktif ketika menerima pantulan sinar infrared, yang terpantulkan oleh keberadaan manusia.

jadi lampu akan menyala ketika ir receiver terkena sinar inframerah dari pantulan manusia yang berada di sekitar IR transmiter.

yg ini nggunakan remote:


oleh :

Kristian Sandi Sugito 111113032

3 komentar:

  1. maaf kalau yang lampu remot bisa minta layout pcb dan skema rangkaian serta komponennya ke email durozy@gmail.com Trims banyak sebelumnya

    BalasHapus
  2. Antara judul dengan isinya sepertinya tidak cocok ya? Apakah yang dimaksud dengan mendeteksi "keberadaan manusia" ini adalah khusus untuk manusia yang membawa remote dan menekan tombolnya? Bagaimana bila tidak membawa remote, apakah sensor masih bisa mendeteksi?

    BalasHapus